ASSALAMU'ALAIKUM....

SUGENG RAWUH...

Saturday, December 3, 2011

SILBUS PERBANDINGAN MADZHAB


KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
( STAIN) PEKALONGAN
PROPINSI JAWA TENGAH

SILABUS


Perguruan Tinggi                     : STAIN Pekalongan
Jurusan/Program Studi            :  Syariah
Mata Kuliah                            : Perbandingan madzhab
Kode                                       :
SKS                                         :  2 SKS    
Komponen Mata Kuliah         :  MBB            
Dosen Pengampu                    : Ali Trigiyatno, M.Ag

 

1.      Deskripsi Mata Kuliah


Diakui atau tidak, fiqh adalah salah satu cabang ilmu keislaman yang paling 'dituntut' untuk dimengerti, dipahami dan sudah tentu diamalkan oleh setiap pribadi muslim dalam kehidupan sehari-hari setelah ilmu tauhid dan akhlak. Maka tak mengherankan jika mata kuliah/pelajaran fiqh menjadi mata kuliah wajib di setiap jenjang pendidikan Islam dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi dengan bobot SKS yang cukup besar.
Namun perlu disadari dan dimengerti, bahwa belajar fiqh tidak bisa lepas dari adanya keragaman pendapat dan aliran yang terkadang cukup membingungkan bagi sebagian mahasiswa. Dari itu, kajian fiqh perbandingan atau perbandingan madzhab kiranya dapat mengatasi kebingungan ini. Mengingat dalam mata kuliah ini, mahasiswa dibekali dengan pengetahuan teoritis segala sesuatu yang berkaitan dengan madzhab, sebab-sebab perbedaan madzhab, latar belakang kemunculan madzhab, dan bahkan mengkaji secara langsung contoh-contoh perbedaan madzhab dalam masalah fiqh.
Sengaja mata kuliah ini didesaian dengan memberikan tambahan materi ormas Islam di Indonesia dan metode penetapan hukumnya seperti NU, Muhammadiyah, Persis, MUI dan lain-lain  guna memperkaya pemahaman mahasiswa di tengah-tengah masyarakat.

 

2.      Kompetensi Mata Kuliah


    1. Mahasiswa diharapkan mampu mengetahui, mengerti serta memahami perbandingan madzhab, sebab-sebab perbedaan madzhab dan ruang lingkup kajian perbandingan mazdhab.
    2. Mahasiswa sanggup melakukan kajian perbandingan madzhab dalam masalah-masalah furu’iyyah khususnya yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.
    3. Mahasiswa sanggup dan mampu menyikapi adanya perbedaan madzhab dengan penuh toleransi dan lapang dada dengan tetap mampu melakukan kajian kritis untuk menentukan pendapat terkuat dan termaslahat.

3.      Topik –Topik Inti


1.      Madzhab Dan Sejarah Timbulnya Madzhab
2.      Perbandingan Madzhab;Beberapa hal yang perlu diketahui
3.      Perbedaan Madzhab Dan Sebab-Sebabnya
4.      Madzhab Fiqh Di Luar Sunni
5.      Madzhab-Madzhab Fiqh Di Lingkungan Sunni Yang Tidak Berkembang
6.      Madzhab Empat Dan Dasar-Dasar Istimbathnya I
7.      Madzhab Empat Dan Dasar-Dasar Istimbathnya II
8.      Ormas Islam Di Indonesia Dan Metode Penetapan Hukumnya I
9.      Ormas Islam Di Indonesia Dan Metode Penetapan Hukumnya II
10.  Praktik Perbandingan Madzhab I
11.  Praktik Perbandingan Madzhab II
12.  Adab Dan Sikap Seorang Muslim Dalam Menghadapi Khilafiyah
13.  Mengenal Ulama Tokoh Madzhab Empat
14.  Upaya-Upaya Pendekatan Antar Madzhab Dalam Dunia Islam


4.      Kompetensi Dasar


*        Mahasiswa mampu menjelaskan madzhab dan sejarah timbulnya madzhab
*        Mahasiswa mampu memahami seputar perbandingan madzhab
*        Mahasiswa mampu menhetahui dan memahami perbedaan madzhab dan sebab-sebabnya
*        Mahasiswa mampu memahami madzhab fiqh di luar Sunni
*        Mahasiswa mampu mengidentifikasi madzhab-madzhab fiqh di lingkungan Sunni yang tidak berkembang
*        Mahasiswa mampu memahami dan membandingkan madzhab empat dan dasar-dasar istimbathnya I
*        Mahasiswa mampu memahami dan membandingkan madzhab empat dan dasar-dasar istimbathnya II
*        Mahasiswa mampu memahami dan membandingkan ormas islam di indonesia dan metode penetapan hukumnya I
*        Mahasiswa mampu memahami dan membandingkan ormas islam di indonesia dan metode penetapan hukumnya II
*        Mahasiswa mampu melakukan dan mempraktekkan praktik perbandingan madzhab I
*        Mahasiswa mampu melakukan dan mempraktekkan praktik perbandingan madzhab II
*        Mahasiswa sanggup memahami dan melaksanakan adab dan sikap seorang muslim dalam menghadapi khilafiyah
*        Mahasiswa mampu mengenal ulama tokoh madzhab empat
*        Mahasiswa mampu memahami upaya-upaya pendekatan antar madzhab dalam Islam

1.      Referensi


    1. Teks Wajib

Ali Trigiyatno, Perbandingan Madzhab, Cet. I,  Pekalongan : STAIN Press, 2005
Abdurrahman al-Jazairi, Kitab al-Fiqh ala al-Madzahib al-Arba’ah, Bairut : Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2004, Juz I s/d V
Dedi Supriyadi, Perbandingan Mazhab dengan Pendekatan Baru, Cet. I, Bandung : Pustaka Setia, 2008
Hamdani Yusuf, Perbandingan Mazhab, Semarang: Cipta Jati Aksara, tt
Asmuni Abdurrahman, Ushul Fiqh Syi’ah Imamiyah, Cet. II, Yogyakrata: DUA – “A”, 1992
___________________, Manhaj Tarjih Muhammadiyah; Metodologi dan Aplikasi, Cet. II, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003
Asywadi Syukur, Perbandingan Mazhab, Surabaya: Bina Ilmu, 1980, Jilid I
Asy-Syaukani, Nail al-Authar Syarh Muntaq al-Akhbar Min  Ahadis Sayyid al-Akhyar, Bairut : Dar al-Fikr, 1994, Jilid I – IV.
Hasbi ash-Shiddieqy, Pengantar Hukum Islam, Cet. II, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2001
__________________, Pokok-Pokok Pegangan Imam mazhab, Cet. I, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 1997
__________________, Pokok-Pokok Sebab Perbedaan Para Ulama/Fuqaha dalam Menetapkan Hukum Syara’, Cet. II, Solo : Ramadhani, 1983
Huzaemah Tahido Yanggo, Pengantar Perbandingan Mazhab, Cet. III, Jakarta; Logos, 2003
Ibnu Rusyd, Bidayat al-Mujtahid, Semarang : Toha Putra, tt.
M.A. Al-Bayanuniy, Dirasat fi al-Ikhtilaf al-Fiqhiyyah, alih bahasa, Ali Mustafa Ya’qub, Memahami hakikat Hukum Islam; Studi Masalah Kontroversial, Cet. II, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1997
M. Ali Hasan, Perbandingan Mazhab, Cet. IV, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002
Mahmud Syaltut dan M Ali as-Sayis, Muqaranat al-Madzahib fi al-Fiqh, alih bahasa Ismuha,  Perbandingan Madzab dalam Masalah Fiqh, Cet. VIII, Jakarta : Bulan Bintang, 1996
Moenawar Chalil, Biografi Empat Serangkai Imam Mazhab, Cet. IX, Jakarta : Bulan Bintang, 1994
Al-Qurthubi, al-Jami’ Li Ahkam al-Qur`an
Wahbah az-Zuhaily, al-Fiqh al-Islamy wa Adillatuhu, Juz IX,  Beirut: Dar al-Fikr, 1984
Ash-Shan’ani, Subul as-Salam, Bandung : Maktabah Dahlan, tt, Juz I – IV
Asy-Sya`rani, al-Mizan al-Kubra,  Semarang : Toha Putra, tt

    1. Teks Pendukung

Abdul Jalil Isa, Ma la Yajuzu fihi al-Khilaf Baina al-Muslimin, alih bahasa A. Syinqithi Djamaludin, Menuju Kesatuan Pengertian Tentang Hukum Islam, Ttp: Arma Press, 1990
Muh. Abu Zahrah, Tarikh al-Madzahib al-Islamiyyah, Kairo : Dar al-Fikr al-‘Arabi, 1996
Muh. ‘Awwamah, Atsar al-Hadis asy-Syarif fi Ikhtilaf al-Aimmah al-Fuqaha` ra, alih bahasa A. Zarkasyi Chumaidy, Melacak Akar Perbedaan Mazhab, Cet. I, Bandung : Pustaka Hidayah, 1997
Musthafa Sa’id al-Khin, Atsar al-Ikhtilaf fi Qawa`id al-Ushuliyyah fi Ikhtilaf al-Fuqaha`, Bairut; Mu`assasah ar-Risalah, 1981
Yusuf al-Qardhawiy, Ash-Shahwah al-Islamiyyah, Baina al-Ikhtilaf al-Masyru’ wa at-Tafaruq al-Madzmum, alih bahasa Ainur Rafiq Shaleh Tamhid, Fiqhul Ikhtilaf, Antara Perbedaan yang diperbolehkan dan Perpecahan yang dilarang, Jakarta; Rabbani Press, tt.
An-Nawawi,  al-Majmu‘ Syarh al-Muhazzab, (Bairut : Dar al-Fikr, 1415/1995).
Ibrahim Hosen, Fiqh Perbandingan Masalah Pernikahan, Cet. I, ( Jakarta: Pustaka Firdaus, 2003)
Ahmad Hassan, Soal-Jawab  Tentang Berbagai Masalah Agama, Cet. I, Bandung : CV Diponegeoro, 1997, Jilid I dan II
Tim Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Fatwa-fatwa Tarjih : Tanya Jawab Agama Jilid 1-5, Cet. I, ( Yogyakarta : Suara Muhammadiyah, 2006 )
Siradjuddin Abbas, 40 Masalah Agama, ( Jakarta : Pustaka Tarbiyah, 1993)
Muhyiddin Abdusshomad, Fiqh Tradisionalis Jawaban Pelbagai Persoalan Keagamam sehari-hari, ( Malang : Pustaka Bayan, 2004)
Solusi Problematika aktual Hukum islam, Keputusan Muktamar, Munas dan Konbes Nahdlatul Ulama ( 1926-1999 M),  Cet. II, ( Surabaya : LTN NU Jawa Timur dan Dian tama, 2005)

2.      Penilaian



NO
 Jenis Tagihan
Bobot (%)
Ket
1
Partisipasi
10 %

2
Tugas-Tugas
20 %

3
Ujian Tengah Semester
25 %

4
Ujian Akhir Semester
40 %

5
Lain-lain
 5 %

Jumlah
100%


Pekalongan, 11 Nopember 2011
Pengampu

Ali Trigiyatno
Perum Pisma Griya Blok D. No. 15 Denasri Kulon Batang
Email : alitrigiyatno@yahoo.com, Blog : yatnoali.blogspot.com
HP : 085865419926

 

No comments:

Post a Comment

Post a Comment